Membangun Karakter Positif Melalui Pembiasaan Pagi

Jan 20, 2022 Umum

Redaktor : Ustadzah Sutik, S.Pd


SMP Al Furqan- Pagi hari bisa jadi salah satu momen spesial di setiap harinya. Pasalnya, pagi adalah saat di mana dibukanya lembaran baru dalam hidup seseorang. Oleh karena itu, pagi seringkali dilalui dengan penuh semangat dan suka cita. Pagi yang segar juga jadi waktu yang tepat untuk melakukan pembiasaan pagi dengan kegiatan yang positif.

Pembiasaan pagi hari merupakan suatu metode atau cara yang sangat efektif diterapkan kepada siswa salah satunya berupa kegiatan terprogram yang bertujuan untuk membentuk karakter positif. Pembiasaan yang dilakukan setiap hari secara rutin dan berulang-ulang akan memberikan kebiasaan pada perilaku siswa diantaranya di dalam menerapkan suatu perilaku positif yang diajarkan agar diterapkan dengan baik dan benar di kehidupan sehari-hari. Mengingat bahwa penanaman karakter yang paling kuat adalah dengan melalui pembiasaan yang diamalkan dan ditanamkan sejak dini mungkin terutama dalam pembentukan karakter sopan santun di sekolah dasar.

Salah satu kegiatan positif untuk membangun karakter Islami siswa di lingkungan SMP Al Furqan Jember adalah dengan dilaksanakannya pembiasaan pagi membaca ayat-ayat Al Quran pilihan. Pelaksanaanya adalah 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Dipandu oleh guru Al Quran melalui sound kelas, dan didampingi oleh wali kelas masing-masing, siswa menyimak sekaligus ikut membaca.

Hari Selasa pembiasaan pagi diisi dengan membaca Al Ma’tsurat, Rabu membaca surat Al Waqiah, Kamis membaca Ar Rahman, dan Jumat diisi dengan membaca Al Kahfi.

Diharapkan dengan dilaksanakannya pembiasaan pagi ini bisa menanamkan kepada siswa dan civitas akademika di SMP Al Furqan Jember untuk selalu cinta Al Quran, dilipatkangandakan pahala dan kebaikan, serta dinaikkan derajatnya di hadapan Allah swt.

Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah saw bahwa barang siapa yang membaca satu huruf saja dari Al Quran akan mendapatkan satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu akan berlipat menjadi sepuluh kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *