Indahnya Berbagi di Bulan Suci

Apr 8, 2022 Umum

Redaktor : Ustadzah Sutik, S.Pd 

SMP Al Furqan Jember – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan juga penuh ampunan. Pada bulan ini, kita dianjurkan untuk lebih giat melakukan kebaikan termasuk kebaikan berbagi kepada siapa saja terutama mereka yang membutuhkan.

Rasulullah SAW mengatakan bahwa Ramadhan mengandung banyak keutamaan. Allah melapangkan kemurahan-Nya pada bulan Ramadhan. Dia melipatgandakan kebaikan yang dilakukan pada bulan Ramadhan.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya, “Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Semua amal kebaikan anak manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan serupa hingga 700 kali lipat. Allah Azza wa Jalla berfirman, ‘Kecuali puasa. Puasa adalah milik-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya karena ia meninggalkan syahwat dan makanan demi Aku.’ Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan, yaitu satu kebahagiaan saat berbuka puasa dan satu kebahagiaan lainnya saat menemui Tuhannya. Sungguh bau mulutnya lebih harum di sisi Allah daripada bau kesturi,’” (HR Muslim).

Bulan Ramadhan kali ini, SMP Al Furqan Jember menggalang dana dari segenap warga sekolah, baik dari wali murid, infaq siswa, dan para donatur untuk melaksanakan kegiatan Jumat Berkah Berbagi. Di mana kesiswaan dibantu anggota OSIS mendistribusikan makanan untuk berbuka puasa di sekitaran Jalan Trunojoyo. Sasaran pembagian makanan ini adalah tukang becak, supir angkot, pedagang-pedagang kecil, tukang parkir, dan masyarakat yang sekiranya membutuhkan.

Diharapkan kegiatan yang telah dilakukan ini dapat memberikan keberkahan pada warga yang membutuhkan.

Semoga kita selalu diberikan nikmat dan rezeki dari Allah, sehingga bukan saja bisa menghidupi diri sendiri tapi juga berbagi untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *