Makna Isra’ Mi’raj

Feb 28, 2022 Umum

Redaktor : Ustadzah Sutik, S.Pd

Bulan Rajab merupakan bulan yang di dalamnya terdapat sebuah peristiwa penting dalam catatan sejarah peradaban manusia, yakni peristiwa Isra Mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW 1400-an tahun yang silam.

Peristiwa Isra adalah perjalanan nabi Muhammad SAW di malam hari dari Masjidil Haram di Mekkah menuju Masjidil Aqhsa di Palestina.

Peristiwa Mi’raj, dimana Nabi SAW dari Masjidil Aqhsa kemudian naik ke sidratil Muntaha, berjumpa dengan Allah SWT.

Perjalanan spiritual itu memberikan pelajaran penting bagi kita bahwa manusia dalam menjalani kehidupannya harus melakukan “transedensi”, yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dalam peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi SAW mendapat perintah shalat. Sedemikian pentingnya shalat, sehingga perintah itu diterima langsung oleh Nabi tanpa melalui perantara Malaikat Jibril.

Sholat mengajarkan tentang pentingnya disiplin dan menghargai waktu. Maka, salah satu ciri dari kualitas shalat seseorang adalah sejauh mana ia disiplin dan menghargai waktu, kemudian diterapkan dalam kehidupan nyata sehari-hari, senantiasa menebarkan rasa kedamaian, persaudaraan dan kasih sayang di tengah masyarakat.

Kami, segenap keluarga besar SMP Al Furqan Jember mengucapkan selamat merayakan Isra’ Mi’raj. Semoga spirit Isra’ Mi’raj dapat menuntun kita menjadi manusia yang lebih beriman dan bertawakal kepada Allah Swt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *