Menjadi Pendengar yang Baik

Mar 15, 2022 Umum

Redaktor : Ustadzah Sutik, S.Pd

Ust. Suyanto Purnomo S.Pd


SMP Al Furqan Jember – Manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Untuk dapat saling membantu satu sama lain, maka manusia harus berkomunikasi. Komunikasi adalah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.
Komunikasi adalah suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Agar apa yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik dan benar oleh rekan kita maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah menjadi pendengar yang baik.
Seperti yang disampaikan oleh Ustad Suyanto Purnomo dalam brifing pada Senin pagi bahwa, “Salah satu tips menjadi pendengar yang baik adalah menunggu. Menunggu lawan bicara kita untuk menyelesaikan apa yang diutarakan.”
Hal tersebut akan membuat kita menjadi fokus dengan apa yang disampaikan. Saat kita menjadi pendengar yang baik, maka akan membuat kita menjadi pembicara yang baik pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *