Kuliah Tujuh Menit (Kultum)

Mar 23, 2022 Umum

Redaktor : Ustadzah Sutik, S.Pd


SMP Al Furqan Jember – Salah satu program unggulan dari SMP Al Furqan Jember adalah pembiasaan pagi. Dengan mengangkat tema yang berbeda setiap harinya, khusus untuk hari Selasa pembiasaan pagi diisi dengan kegiatan kultum (kuliah tujuh menit). Kuliah tujuh menit dilakukan oleh satu siswa setiap minggunya, dengan pemilihan siswa secara acak.


Kali ini salah tema kultum yang dibawakan adalah “Perilaku Sombong.” Kultum yang dibawakan oleh Nadiah Rizki ini membahas salah satu sifat yang paling dibenci oleh Allah.


Sombong merupakan perilaku menganggap dirinya lebih dari orang lain. Kita sebagai umat Islam yang beriman harus dapat menjauhi perilaku sombong, karena perilaku sombong merupakan ajakan setan yang terkutuk. Kita harus intropeksi diri, bahwa apa yang kita miliki merupakan proteksi dari Allah. Dan segala yang kita miliki ini masih ada yang lebih tinggi dari kita.


Perilaku sombong juga membawakan banyak kerugian bagi kita. Tidak akan pernah mencium bau surga bagi orang-orang yang berperilaku sombong.
Seperti hadist Nabi Muhammad saw. yang berbunyi:
“Tidak akan masuk nirwana seorang yang dalam hatinya ada sebiji dzarrah dari kesombongan.”
Maka dari itu, kita harus menjauhi perilaku sombong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *