Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan? Bisa!

Apr 2, 2022 Umum

Redaktor : Ustadzah Sutik, S.Pd

SMP Al Furqan Jember- Hai sobat AF, bagaiamana puasa pertama kalian? Lancar tidak? Semoga tetap semangat menjalani puasa hingga akhir ya!


Sobat AF, tahu tidak selain puasa banyak sekali amalan-amalan yang bisa kira raih pahalanya di bulan yang mulia ini? Salah satunya adalah tadarus Al Quran.
Khatam Al Quran selama Ramadan menjadi salah satu aktivitas pembawa berkah di bulan suci.


Sobat AF pasti ingat kan, bahwa bulan Ramadan merupakan bulan di mana Al Quran diturunkan. Membacanya di bulan ini merupakan sebuah amalan besar dengan limpahan pahala. Membaca Al Quran juga merupakan sunah Rasul yang dikerjaan saat Ramadan.


Nah, kali ini mimin akan membagikan beberapa tips nih, gimana caranya sobat bisa mengkhatamkan Al Quran selama bulan Ramadhan. Sobat mau khatam berapa kali nih, satu kali, dua kali, tiga kali, berkali-kali? Bisa bangeeettt.


Tips yang pertama nih, sobat. Yakinkah bahwa di hati sobat AF sekalian harus ada niat. Niat bahwa tujuan utama dari mengkhatamkan Al Quran semata-mata untuk mencapai ridha Alllah swt. Dengan memiliki niat beribadah akan efektif untuk memacu kamu untuk membaca Al Quran dan menyelesaikannya dengan tepat waktu.


Yang kedua, sobat bisa memasukkan agenda one day one juz nih dalam agenda Ramadhan Pastikan untuk membaca ayat Al Quran sebanyak satu juz setiap harinya. Jika kamu memiliki banyak waktu luang, coba membaca ayat Al Quran lebih dari satu juz setiap harinya. Mau tau gimana caranya? Silakan simak tabel yang sudah mimin bagikan ya!


Tips yang ketiga bagi orang yang sering bepergian nih sobat Jadi, bepergian bukan lagi menjadi penghalang untuk tidak bisa mengkhatamkan Al Quran ya, sobat. Di zaman serba canggih ini, tentu sobat sudah memiliki ponsel android kan? Nah, pastikan kalian sudah menginstall aplikasi Al Quran ya. Ingat, jangan hanya game yang didownload, Al Quran juga bisa lho. Supaya ponsel kalian lebih bermanfaat dan berkah. Dengan menginstall aplikasi Al Quran di ponsel kita tetap bisa membaca walau sedang dalam perjalanan atau pun sedang berada di luar rumah. Jadi kita tidak akan ketinggalan membaca Al Quran.
Daaan, tips keempat yang tidak kalah penting adalah konsisten Apalah arti niat, jika tidak dilakukan secara konsisten. Karena banyak yang memiliki niat kuat di awal, namun karena tidak dilakukan secara konsisten akan menurunkan semangat kita untuk tetap melakukan khataman Al Quran.


Jika sobat merasa berat melakukannya, tips yang terakhir bisa sobat lakukan. Ya, tadarus bersama akan mengurangi beban sobat AF. Pastikan kalian mengajak teman, orang tua, atau saudara sehingga bisa cepat selesai mengkhatamkan Al Qurannya.


Sekian dulu tips untuk kali ini ya, Sobat. Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *