Kegiatan Pondok Ramadhan 1443 H | SMP Al Furqan Jember

Apr 22, 2022 Umum

Redaktor : Ustadzah Sutik, S.Pd

Dalam rangka mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan positif dan bermanfaat, SMP Al Furqan Jember melaksanakan kegiatan Pondok Ramadhan. Acara tersebut dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut yaitu tanggal 21 dan 22 April 2022. Acara ini terlaksana secara luring setelah kita dilanda pandemi covid 19. Pelaksanaan Pondok Ramadhan ini dibagi menjadi tiga tempat yaitu di Masjid Al Furqan, Aula, dan perpustakaan sekolah.


Tiap harinya, peserta didik diajak untuk mengawali kegiatan dengan Shalat Dhuha, Muraja’ah, dan dilanjutkan tadarus Al Quran bersama sama persis seperti pembiasaan harian pada saat pembelajaran normal. Untuk materi yang disampaikan antara lain, thaharah. Dalam materi ini yang dibahas meliputi pengertian, dasar hukum, sunnah, hal yang membatalkan, hal yang dilarang, sampai praktik secara klasikal maupun individual dengan harapan ke depan peserta didik memiliki pengetahuan dan ketrampilan praktis tayamum dalam penerapan kehidupan sehari-hari. Materi pada hari kedua adalah perawatan jenazah, qadha’ dan fidyah puasa. Sedangkan pada hari kedua materi yang dibahas antara lain, hal-hal yang menguatkan dan melemahkan hafalan, serta adab terhadap guru, ilmu, kitab, dan teman seperjuangan. Di sela-sela acara dilakukan kegiatan ice breaking oleh panitia sebagai upaya merefresh dan menguatkan semangat peserta didik sebelum melanjutkan materi selanjutnya.

Bulan Ramadhan tahun ini selain diisi dengan kegiatan siraman rohani, juga dimanfaatkan oleh siswa untuk melakukan kegiatan sosial seperti pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah dan zakat maal.
Ustadzah Dwi Jane, S.PdI selaku ketua panitia kegiatan Pondok Ramadhan menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan panitia dan semua warga SMP Al Furqan Jember, sehingga pelaksanaan kegiatan Pondok Ramadhan tahun ini berjalan dengan lancar, hikmat dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *