Reformasi OSIS SMP Al Furqan Periode 2022/2023

May 11, 2022 Umum

Redaktor : Ustadzah Sutik, S.Pd
SMP Al Furqan Jember – Organisasi Siswa Intra Sekolah atau biasa dikenal dengan OSIS adalah wadah organisasi yang ada di sebuah sekolah. OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah.

Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS.


Pada Senin, 9 Mei 2022 kemarin SMP Al Furqan mengadakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS. Pemungutan suara yang dilakukan secara online ini berjalan dengan lancar dan sukses dengan terpilihnya Cesara Qaulan Sadida sebagai Ketua OSIS dan Kaylannisa Chalta sebagai wakil Ketua OSIS Periode 2022-2023.


Tri Nurma Shandy, S.Pd selaku pembina OSIS SMP Al Furqan Jember menyampaikan “Dalam kegiatan reformasi kepemimpinan Organisasi Intra Sekolah dilakukan dengan mekanisme demokrasi langsung yaitu dengan dilakukan pemilihan langsung yang melibatkan seluruh siswa, guru, dan karyawan. Kegiatan tersebut bertujuan agar siswa dapat belajar tentang bagaimana cara berdemokrasi dan juga sebagai pembelajaran politik sejak dini.


Dengan adanya OSIS diharapkan siswa terpilij dapat belajar berorganisasi karena dengan berorganisasi siswa dapat belajar tentang bagaimana kerja sama secara tim, melatih kepemimpinan dan dapat berkontribusi bagi kemajuan sekolah, dan berharap siapapun yang terpilih sebagai ketua OSIS nantinya dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik untuk SMP Al Furqan Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *