MPLS dan MPKP SMP AL FURQAN JEMBER | TAHUN AJARAN 2022-2023

Jul 23, 2022 Umum

Redaktor : Ustadzah Sutik, S.Pd 
SMP Al Furqan Jember – Memasuki tahun ajaran baru, setiap sekolah melaksanakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dan MPKP (Masa Penguatan Karakter Positif) yang dilaksanakan selama 5 hari, terhitung tanggal 18-22 Juli 2022. Terbagi di dua tempat berbeda, yaitu di aula untuk MPLS kelas 7, dan di masjid Al Furqan untuk MPKP kelas 8 dan 9.


Untuk kegiatan MPLS materi yang disampaikan antara lain: wawasan wiyata mandala, sosialisasi TATIB (Tata Tertib) sekaligus pengenalan OSIS, Atmosfer Pembelajaran SMP Al Furqan, Tips n trik belajar dan berprestasi, dan pembelajaran akhlak kepada Allah swt.


Pada hari pertama, dilaksanakan pembukaan MPLS dan MPKP oleh kepala sekolah, yang ditandai dengan pelepasan balon.


Untuk kegiatan MPKP materi yang disampaikan antara lain: akhlak kepada kawan dan guru, sukses belajar dari bimbingan belajar Neutron, Kini Aku Remaja, Tes Modalitas Belajar, serta akhlak kepada Allah swt.


Di hari ketiga kegiatan MPLS & MPKP, secara serentak kegiatan dilaksanakan di Yonif Raider 509. Diawali dengan kegiatan baris berbaris (PBB) yang dikomandoi langsung oleh anggota Prajurit Yonif Raider 509 Balawara Yudha. Selesai Latihan PBB, dilaksanakan lomba PBB, dan diambil 3 pasukan PBB terbaik. Untuk siswa kelas 7 dilanjutkan dengan kegiatan mancakrida (outbound). Adanya kegiatan PBB ini bertujuan untuk menanamkan kerja sama, kekompakan antar kelompok guna membangun mental generasi penerus yang handal, disiplin, dan berkarakter sehingga akan tumbuh motivasi dalam melaksanakan kegiatan belajar maupun kegiatan lainnya. Serta untuk menanamkan rasa cinta kepada negara dan bangsa melalui materi kebangsaan dan Bela Negara yang harus dipupuk sejak usia muda.


Di hari keempat, diisi dengan pengenalan ekstrakurikuler dan klub peminatan. Dilanjutkan dengan bertemu dengan wali kelas masing-masing untuk melaksanakan demokrasi kelas. Demokrasi kelas merupakan kegiatan pemilihan ketua kelas, wakil, bendahara, sekretaris, serta anggota 7K.


Puncak kegiatan adalah hari Jumat ditutup dengan pertunjukan AF Got Talent. AF Got Talent merupakan acara yang sekaligus dimanfaatkan untuk menyaring bakat-bakat yang dimiliki siswa namun belum tersalurkan. Segala minat dan bakat yang dmiliki siswa mulai dari bernyanyi, story telling, melukis, berpidato, menari, memasak, bela diri hingga pantomim dipertunjukkan.


Untuk gelaran AF Got Talent ini diambil satu terbaik dari masing-masing jenjang. Untuk kelas 7 dimenangkan oleh perwakilan dari kelas 7E atas nama Nafita Syifa yang membawakan story telling …. Kelas 8 dimenangkan dari kelas 8C atas nama Arya Zaidan dengan keterampilan memasak. Sedangkan untuk kelas 9 dimenangkan oleh perwakilan kelas 9D atas nama Aira Mutiara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *