Pembiasaan Pagi SMP Al Furqan

Aug 10, 2022 Umum

Redaktor : Ustadzah Sutik, S.Pd
SMP Al Furqan – Indonesia sedang menggiatkan pendidikan karakter. Di mana pendidikan karakter (character education) dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda Indonesia. Pendidikan karakter digalakkan dalam rangka mempersiapkan generasi yang berkualitas, bukan hanya untuk kepentingan individu warga negara, tetapi juga untuk warga masyarakat secara keseluruhan.
Pengembangan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan membiasakan perilaku positif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan karakter melalui pembiasaan ini dapat dilakukan secara terjadwal atau tidak terjadwal baik di dalam maupun di luar kelas.
Di SMP Al Furqan Jember pengembangan karakter positif melalui pembiasaan terlihat dengan diadakannya pembiasaan pagi secara rutin dan terjadwal sebelum memulai kegiatan pembelajaran setiap harinya.
Pada hari Senin, sebelum briefing pagi, siswa dibiasakan untuk sholat Dhuha empat rakaat. Pada hari Selasa, setelah sholat Dhuha dan dzikir asmaul husna, siswa membaca secara bersama-sama dzikir Al Ma’Surat. Di hari Rabu siswa membaca surat Ar Rahman. Pada hari Kamis membaca surat Al Waqiah, sedangkan pada hari Jumat siswa mengawali dengan sholat Dhuha, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Sihat (bersih dan sehat).
Diharapkan dengan kegiatan pembiasaan pagi, dapat memberi semangat dan energi positif bagi para siswa bukan hanya segi akademik, tetapi juga segi spiritual (dengan pembiasaan berdzikir dan mengaji) dan olahraga (melalui kegiatan sihat). Karena, pembiasaan yang dilakukan setiap hari secara rutin dan berulang-ulang akan memberikan kebiasaan pada perilaku siswa diantaranya didalam menerapkan suatu perilaku positif yang diajarkan agar diterapkan dengan baik dan benar di kehidupan sehari-hari. Mengingat bahwa penanaman karakter yang paling kuat adalah dengan melalui pembiasaan yang diamalkan dan ditanamkan sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *