ANBK 2022 – SMP AL FURQAN JEMBER

Sep 19, 2022 Umum

Redaktor : Ustadzah Sutik, S.Pd

SMP Al Furqan Jember – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah pengganti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang sebelumnya diterapkan bagi para calon siswa. Asesmen secara online ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu Senin- Selasa, 19-20 September 2022.
Peserta ANBK 2022 adalah siswa yang duduk di pertengahan jenjang sekolah. Untuk jenjang SMP yang menjadi peserta ANBK adalah siswa kelas 8 yang dipilih secara acak oleh Kemendikbudristek. Jumlah siswa yang mengikuti ANBK adalah 50 siswa dengan rincian 45 siswa sebagai peserta,dan 5 orang siswa sebagai cadangan. Adanya peserta cadangan ini adalah sebagai cadangan saat salah satu peserta ada yang berhalangan mengikuti. Dengan dilakukan pada tengah jenjang, diharapkan hasil asesmen bisa dimanfaatkan sekolah untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa.
Bagi siswa SMP sederajat yang mengikuti Asesmen Nasional akan mengerjakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) literasi dan numerasi. Senin, 19 September siswa terpilih mengerjakan soal literasi, sedangkan hari kedua (Selasa, 20 September) siswa mengerjakan soal numerasi. Bentuk soal yang diujikan berbentuk pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.
Diharapkan dengan dilakukannya ANBK dapat meningkatkan mutu pendidikan di seluruh satuan pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *