Buku adalah Jendela Dunia

Oct 24, 2022 Umum

Redaktor: Sutik Susmiati, S.Pd.

SMP Al Furqan – Buku adalah jendela dunia. Jika kau ingin mengetahui bagaimana dan apa saja yang ada di dunia maka kau harus memiliki kunci untuk membukanya. Dan kunci untuk membukanya adalah membaca.

Ya. Dengan membaca kita menjadi tahu, dengan membaca kita menjadi bertambah wawasan, dengan membaca kita jadi tahu apa yang belum kita tahu, dari membaca kita semakin tahu apa yang awalnya sekadar kita tahu.

Bahkan, dalam agama kita, Islam, membaca menjadi wahyu pertama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad saw.

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan” (Q.S. Al’alaq [96]: 1).

Bagi siswa, membaca juga dapat dijadikan alternatif di kala senggang saat berisitirahat. Memanfaatkan waktu yang hanya sebentar untuk menambah ilmu dengan membaca. Seperti yang dilakukan oleh tiga siswa SMP Al Furqan ini.
Dia adalah Nailla, Luna, dan Nadia. Mereka memanfaatkan adanya perpustakaan sekolah untuk menambah ilmu atau sekadar membaca novel sebagai hiburan.

“Iya bu, daripada hanya main-main gak bermanfaat, lebih baik membaca di perpus. Karena koleksi bukunya baru-baru dan menarik.” ucap Nailla.

“Awalnya hanya liat-liat karena covernya menarik, jadi mencoba baca. Akhirnya ketagihan. Karna ternyata membaca itu menyenangkan.” tutur Luna.

Bagaimana dengan sobat AF? Apakah suka membaca juga? Yuk, tingkatkan kemampuan membaca. Karena selain membuka jendela dunia, membaca juga akan mempermudah kita memahami dan mendalami ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *