Thaharah | Pembinaan SDM Yayasan Al Furqan

Nov 5, 2022 Umum

Sabtu, 5 November 2022 – Pelaksaan pembinaan SDM Yayasan Al Furqan pada hari ini SMP Al Furqan sebagai tuan rumah. Ustad Rahmatullah sebagai pembawa acara mempersilakan Ustad Syarif Ummar Jawwas untuk membawakan materi Thaharah. Thaharah yang dibahas kali ini adalah bab tentang wudhu.

Wudhu adalah salah satu syarat sahnya sholat. Kesempurnaan wudhu pasti akan berpengaruh terhadap kesah-an sholat kita. Rukun wudhu ada 6, yaitu membaca niat, membasuh wajah, membasuh 2 tangan sampai siku, membasuh sebagian kepala, membasuh kaki, dan yang terakhir adalah tertib.

Sedangkan sunah wudhu ada 10. Sunah adalah sesuatu yang jika kita kerjakan, kita akan mendapat pahala, jika ditinggalkan maka tidak berpengaruh terhadap kesah-an sholat kita.

Sunah wudu ada 10, antara lain:
1. Menyebut nama Allah. Dipermulaan akan wudu, kuta disunnahkan membaca bismillah. Setiap perkara akan dinilai kurang jika tidak membaca tasmiah “bismillah”, kita tidak akaj mendapatkan pahala sunnah tasmiah.
2. Mencuci dua telapak tangan sebanyak tiga kali.
3. Berkumur setelah mencuci kedua telapak tangan.
4. Memasukkan air ke lubang hidung dengan cara dihirup. Jika kita melakukan ini dengan benar, maka kita akan jarang terkena flu, karena saluran hidung akan selalu dalam kondisi bersih
5. Mencucu semua bagian kepala.
6. Membasuh semua bagian telinga.
7. Bagi yang memiliki jenggot, maka jenggot juga disunnahkan membasuhnya dengan jari hingga basah dimulai dari bagian yang paling bawah. Membasuh jenggot dilakukan bersamaan saat kita membasuh wajah ketika wudhu.
8. Membasuh sela-sela jari tangan dan kaki.
Mendahulukan melakukan sesuatu dari bagian yang kanan.
9. Mengulangi kesunnahan 3x.
10. Berurutan tanpa ada jeda panjang.

Kesempurnaan wudhu baik fardhu dan sunnah jika dilakukan dengan benar maka Allah akan menghapus doa-dosa kita dan mengangkat derajat kita di hadapan Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *