Mencintai Permainan Tradisional

Nov 19, 2022 Umum

Redaktor: Tim Publikasi SMP AF

SMP Al Furqan Jember – Dakon adalah salah satu permainan tradisional yang ada di Indonesia.
Permainan ini biasanya dimainkan oleh dua orang, tak hanya anak kecil namun orang dewasa juga bisa memainkannya, baik laki-laki maupun perempuan.

Alat ini terbuat dari kayu dengan panjang 50 cm, lebar 20 cm, dan tebal 10 cm. Bagian atas kayu ini diberi lubang dengan 5 cm untuk diameternya dan 3 cm untuk dalamnya. Jumlah lubang dakon minimal 12 buah. Permainan ini membutuhkan biji dakon. Biji dakon ini bisa menggunakan biji sawo kecil atau sawo manila, ataupun kelereng kecil.

Seiring berjalannya waktu permainan Dakon kini sangat jarang dimainkan. Adanya Gadget dan permainan online yang jauh lebih seru dan menyenangkan, membuat anak-anak sekarang enggan untuk bermain permainan tradisional. Padahal permainan tradisional dapat mengasah keterampilan otak dan kreativitas.

Berbeda halnya dengan siswi-siswi SMP AF ini, ditengah merebaknya game online dan media sosial lainnya, justru memilih bermain dakon disela waktu senggangnya.

“Seru” menjadi alasan anak-anak memilih permainan ini. Tak jarang saat waktu istirahat tiba, maka akan terlihat beberapa siswa yang asyik bermain dakon bersama teman-temannya.

Semoga hadirnya permain-permainan yang modern tidak memudarkan kecintaan generasi muda sekarang untuk tetap mencintai permainan tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *