Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka| SMP-SMA Al Furqan Jember

Dec 23, 2022 Umum

Redaktor: Tim Publikator SMP AF

Kurikulum merupakan seperangkat atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Oleh karena itu, semua pihak yang terlibat dan berkaitan langsung dengan fungsi kurikulum ini wajib memahaminya.

Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka menuntut pendidik untuk terus mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.
Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun. 2022 s.d. 2024
Pada masa sebelum dan pandemi, Kemendikburistek mengeluarkan kebijakan penggunaan Kurikulum 2013 kemudian Kurikulum 2013 disederhanakan menjadi kurikulum darurat yang memberikan kemudahan bagi satuan pendidikan dalam mengelola pembelajaran jadi lebih mudah dengan substansi materi yang esensial. Kurikulum Merdeka di SP/SMK-PK menjadi angin segar dalam upaya perbaikan dan pemulihan pembelajaran yang diluncurkan pertama kali tahun 2021.

Menanggapi perubahan tersebut, SMP Al Furqan dengan sigap mengupgrade pengetahuan para pengajar melalui workshop IKM ini.

Selama 2 hari (21-22 Desember 2022) SMP-SMA Al Furqan yang bekerja sama dengan penerbit Mediatama menghadirkan pemateri Dr. Marjuki untuk memberikan gambaran tentang kurikulum merdeka.
Dalam workshop, seluruh dewan guru dibimbing untuk mengenal lebih dalam tentang kurikulum merdeka, menentukan capaian dan tujuan pembelajaran, serta pembuatan modul ajar.

Sebuah ilmu baru yang tentunya sangat berguna untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran ke depannya. Karena workshop ini bertujuan untuk mempersiapkan para guru untuk menghadapi kurikulum merdeka, dimana kurikulum ini akan dijadikan kurikulum nasional pada tahun ajaran baru mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *