Pembelajaran Praktik Manasik Haji| SMP Al Furqan Jember

Jan 28, 2023 Umum

Redaktor: Tim Publikator SMP AF


SMP Al Furqan Jember – Sabtu, 28 Januari 2023 kembali menggelar kegiatan latihan manasik haji sebagai kegiatan rutinan tahun Pelajaran 2022/2023. Seluruh siswa kls 9 SMP AF mengikuti kegiatan latihan manasik haji yang digelar di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Hikmah. Kegiatan manasik haji ini adalah implementasi dari pembelajaran dari kurikulum Pendidikan Agama Islam, sehingga siswa diharapkan mampu memahami hakekat ibadah haji dan cara melaksanakannya dan juga tertanam pada diri mereka niat sejak dini untuk melaksanakan ibadah Haji.

Sejak pagi, para siswa berkumpul di halaman ponpes. Para siswa yang mengenakan pakaian serba putih berkumpul untuk dibagi dalam beberapa rombongan. Mereka mendapatkan pengarahan dari Para Pembimbing (Tutor), yang kali ini disampaikan langsung oleh Ustad Adil Salim Rajab beserta tim untuk menyampaikan tujuan acara ini adalah untuk mengamalkan teori yang sudah diajarkan agar siswa termotivasi untuk bisa melaksanakannya bila sudah wajib haji.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan gambaran kepada siswa tentang bagaimana tata cara melaksanakan ibadah haji dan sekaligus sebagai wadah untuk mempraktikkan teori-teori yang diperoleh dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalam penyelenggaraan Latihan Manasik Haji. Karena haji merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang sudah mampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *