Rangkaian Ramadhan Camp | SMP Al Furqan Jember

Apr 20, 2023 Umum

Redaktur: Tim Publikator SMP AF

Ramadhan menjadi bulan yang dinantikan umat Islam karena memiliki sejumlah keutamaan. Bulan Ramadhan disebut juga bulan penuh keberkahan.

Bulan Ramadhan dapat disebut juga bulan kasih sayang (rahmat), bulan pengampunan (maghfirah), bulan penuh keberkahan (barakah), bulan kemenangan (falah), bulan pembelajaran (tarbiyah), dan bulan dimana setiap ibadah dilipatgandakan.

Seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia menjalankan ibadah Ramadhan dengan penuh suka cita. Tak terkecuali SMP Al Furqan pun turut merayakan dalam serangkaian acara dalam tajuk “Ramadhan Camp.”

Adapun agenda Ramadhan Camp kali ini adalah di mulai dengan pembiasaan pagi yaitu salat dhuha dan dzikir pagi. Dilanjutkan dengan tadarus bersama wali kelas di kelas masing-masing.

Tiap harinya siswa diajak untuk menyisihkan sebagian rezeki yang dimiliki dalam bentuk infaq harian, serta sedekah takjil yang ditujukan kepada saudara sesama muslim yang membutuhkan. Hal ini ditujukan agar siswa mau berbagi dengan sesama.

Pada 13 dan 14 April, pelaksanaan buka puasa bersama di sekolah. Diawali dari pukul 13.00 siswa akan menerima materi seputar ramadhan. Antara lain bergaul sesuai dengan aqidah islam, perawatan jenazah, ilmu fiqih, dan lain sebagainya. Dilanjutkan dengan buka bersama dan diakhiri dengan kegiatan salat tarawih.

Tanggal 15 April, merupakan agenda terakhir Ramadhan Camp yaitu pembagian zakat fitrah dan zakat maal. Adapun zakat berasal dari siswa dan SDM. Pendistribusian dilakukan langsung oleh tim zakat fitrah kepada penduduk sekitar sekolah dan tetangga SDM yang kurang mampu.

Semoga Ramadhan kali ini penuh berkah. Segala amal dihitung ibadah. Dan berharap bisa bertemu kembali dengan Ramadhan di tahun yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *