ASAJ Kelas 9 SMP Al Furqan

May 9, 2023 Umum

Redaktur: Tim Publikator SMP AF

Senin, 8 Mei 2023- Asesmen atau yang sering kita sebut sebagai penilaian. Penilaian hasil belajar peserta didik merupakan kegiatan pengumpulan dan pengolahan informasi hasil belajar peserta didik untuk mengetahui perkembangan pembelajaran dan menyimpulkan hasil pencapaian pembelajaran peserta didik. Penilaian hasil belajar peserta didik dapat dilakukan oleh pemerintah, satuan pendidikan, dan pendidik. Penilaian hasil belajar oleh pemerintah biasanya dilakukan dalam bentuk tes terstandar baik dalam penyiapan bahan tes, pelaksanaan tes, maupun analisis dan pemanfaatan hasil tes.

Tahun 2023 Ujian Sekolah berganti nama menjadi ASAJ (Asesmen Sumatif Akhir Jenjang). Untuk jenjang SMP, ASAJ kelas 9 dilaksanakan pada tanggal 8-13 Mei 2023 dengan 12 mapel. Karena SMP AF memiliki mapel mulok tambahan, maka pelaksanaan ASAJ ditambah satu hari dengan mapel bahasa Arab.

Pelaksaan ASAJ kelas 9 ini menjadi momen penting bagi para siswa siswa, karena hasilnya akan menjadi penentu kelulusan siswa ke jenjang berikutnya. Siswa diharapkan dapat mengambil pelajaran dari evaluasi ini, termasuk dalam memperbaiki kelemahan dan mengoptimalkan kelebihan yang dimiliki.

Sedangkan bagi sekolah, asesmen ini untuk mengevaluasi kualitas pembelajaran yang telah diberikan selama satu tahun pelajaran berlangsung. Sekaligus sebagai bahan masukan bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *