Field Trip UPA Taman Agroteknologi Universitas Jember

Jun 7, 2023 Umum


Senin, 5 Juni 2023 rombongan siswa kelas 9 SMP Al Furqan Jember mengadakan kunjungan lapangan ‘field trip’ di Agroteknologi Universitas Jember. Kegiatan kunjungan lapangan ‘field trip’ dimaksudkan untuk melihat praktek penerapan pengetahuan yang didapatkan dari hasil pembelajaran di kelas sedangkan dari kegiatan kunjungan lapangan adalah melihat sejauh mana pengetahuan yang didapat dikelas dapat secara efektif dilaksanakan di lapangan. Di mulai pukul 07.30 seluruh siswa dan dewan guru disambut dengan hangat oleh pihak agrotek. Kegiatan dibagi menjadi dua yaitu pemaparan kegiatan yang dilakukan di agrotek dan kunjungan lapangan secara langsung.
Pada kegiatan pertama, Ibu Yuli selaku kepala humas agrotek, memaparkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para pekerja di sana, antara lain:

  1. Pengolahan sampah
  2. Budidaya tanaman hias
  3. Budidaya sayuran dengan tanah dan hidroponik
  4. Budidaya buah
  5. Kultur jaringan tanaman anggrek
    Di akhir pemaparan, dilakukan sesi tanya jawab berhadiah. Antusias siswa terlihat saat berebut untuk menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang dilemparkan.
    Selesai kegiatan pertama, dilanjutkan dengan kegiatan kedua yaitu kunjungan lapangan. Siswa diajak berkeliling agrotek untuk melihat secara langsung kegiatan-kegiatan di sana. Kunjungan pertama adalah di bagian pengelolaan sampah menjadi pupuk. Di sana dipaparkan apa saja bahan dan bagaimana proses pembuatan hingga menjadi pupuk yang siap digunakan. Kunjungan kedua adalah di bagian budidaya sayuran dengan tanah yaitu tanaman kol dan pakcoy, sedangkan hidroponik digunakan untuk membudidayakan tanaman selada. Kunjungan ketiga adalah di bagian kultur jaringan tanaman anggrek. Setelah kegiatan kunjungan selesai, siswa diberikan kesempatan untuk berkeliling sendiri melihat budidaya buah dan bunga dengan teman-temannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *