Penanaman Jiwa Enterpreneur dan Kreativitas Siswa Melalui Bazar

Jun 8, 2023 Umum

Redaktur: Tim Publikator SMP AF

SMP Al Furqan Jember- Zaman sekarang, zaman di mana sangat susah mencari pekerjaan walaupun sudah memiliki gelar pendidikan yang tinggi sekalipun. Keadaan yang demikian menuntut kita untuk berpikir kreatif dan inovatif untuk mendapatkan penghasilan dalam rangka mempertahankan hidup. Salah satunya adalah dengan berwirausaha. Kewirausahaan atau istilah kerennya enterpreneurship adalah sebuah proses menciptakan sesuatu agar bisa bernilai tambah dalam ekonomi. Kita dapat menciptakan produk berupa barang maupun jasa, baik dipasarkan secara offline maupun online. Dalam hal ini kreativitas dan inovatif sangat diperlukan agar sesuatu yang kita ciptakan dapat menarik konsumen dan tetap dapat eksis.

Pendidikan merupakan pintu gerbang generasi penerus bangsa untuk membentuk pribadi yang unggul baik secara individu maupun kelompok. Dan kewirausahaan merupakan salah satu alternatif solusi dalam mengembangkan segala potensi anak bangsa yang kini dapat diajarkan melalui pembelajaran disekolah.

Seperti yang dilakukan oleh SMP Al Furqan, Selasa (6/6/23) diadakan salah satu program kegiatan sekolah yaitu bazar kewirausahaan, kegiatan yang dikhususkan untuk siswa kelas 9 ini dilaksanakan di halaman sekolah SMP AF. Adapun yang dijual adalah aneka makanan berat seperti nasi, mi, roti; makanan ringan; dan aneka minuman. Dan siswa juga diajarkan bagaimana cara menetapkan harga yang sesuai dengan harga produksi mereka, sehingga dapat menghasilkan laba (keuntungan).

Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan jiwa berwirausaha yang tinggi sehingga dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari ataupun di kemudian hari, dan kelak dapat menciptakan lapangan kerja tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk orang lain yang membutuhkan, dan dapat bermanfaat bagi semua yang telah menjalankannya. Selain itu juga, agar siswa bisa memahami tentang berwirausaha dengan kerja kerasnya sendiri dan juga bahkan dari hasil kreativitasnya sendiri agar bisa menghasilkan siswa/siswi yang kreatif dan inovatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *