SMP Al Furqan, Kontributor menuju Rekor MURI

Jun 19, 2023 Umum

Redaktur: Tim Publikator SMP AF

Gerakan Literasi Sekolah atau biasa dikenal GLS merupakan suatu gerakan inovatif Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mewujudkan generasi yang literat.

Pengertian Literasi Sekolah dalam konteks GLS adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/ atau berbicara. GLS merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Adapun tujuannya untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Selain itu bertujuan juga agar  menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah; meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat; menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan; menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.

Dalam kegiatan literasi, SMP Al Furqan bekerja sama dengan Nyalanesia. Nyalanesia adalah program pengembangan literasi nasional. Nyalanesia mengajak guru dan siswa untuk bersama-sama menggerakkan dan mengaktifkan program literasi sekolah. Salah satu programnya adalah peluncuran antologi puisi karya siswa. Dan, SMP Al Furqan menjadi salah satu sekolah yang berkontribusi secara aktif mengikuti program peluncuran antologi puisi selama beberapa tahun terakhir. Hingga, tahun ini [red: 2023] SMP AF mendapatkan piagam penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai kontributor pencapaian rekor MURI “Pelatihan Literasi kepada Guru dan Siswa di Sekolah Terbanyak,” atas partisipasi dan antusiasme di pelatihan literasi dalam pemecahan rekor MURI melalui program-program literasi yang diselenggarakan oleh Nyalanesia sepanjang tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *