Pekan MPLS dan MPKP Tahun Ajaran 2023/2024 | SMP Al Furqan Jember

Jul 22, 2023 Umum

Redaktur: Tim Publikator SMP AF

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan salah satu kegiatan penting dalam proses pembelajaran di sekolah, khususnya siswa baru kelas 7. MPLS tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan hal yang berhubungan dengan sekolah, tetapi juga bertujuan untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, membangun koneksi sosial, dan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang aturan dan nilai-nilai yang berlaku.

MPLS harus memberikan pemahaman awal mengenai visi-misi, program, dan tata tertib sekolah.  MPLS harus dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi siswa baru sehingga bisa mewujudkan peserta didik yang memiliki semangat belajar, produktif, dan penuh rasa tanggung jawab, serta berkarakter positif. Sedangkan Masa Penguatan Karakter Positif (MPKP) merupakan kegiatan untuk jenjang atasnya yaitu kelas 8 dan 9, sebagai penguatan karakter-karakter positif yang sebelumnya sudah ditanamkan selama menjalani pendidikan, misalnya penguatan karakter religius, nasionalis, islami, qur’ani, dan tetap bersemangat mengukir prestasi. Dua kegiatan ini biasanya dilaksanakan tiap ajaran baru dan juga di awal semester genap.

Tahun ajaran 2023/2024 ini, SMP Al Furqan Jember menyelenggarakan kegiatan MPLS dan MPKP selama 5 hari. Adapun kegiatan MPLS dilaksanakan mulai hari Senin sampai Sabtu, sedangkan MPKP dilaksanakan mulai hari Senin sampai hari Jumat.

Terlaksana dengan dua tempat yang berbeda yaitu MPLS dilaksanakan di aula dengan peserta kelas 7, sedangkan MPKP dilaksanakan di Masjid Al Furqan dengan peserta kelas 8 dan 9. Walau pun dilaksanakan di dua tempat yang berbeda, namun tidak mengurangi kemeriahan dan kehidmatan acara.

Rangkaian acara tersusun sebagai berikut:
1. Hari Senin acara diisi dengan penyambutan siswa di awal tahun ajaran baru sekaligus peresmian pembukaan MPLS dan MPKP oleh kepala SMP Al Furqan Jember. Dalam sambutan ini juga dilakukan sesi perkenalan seluruh SDM SMP AF. Kemudian acara diisi dengan wiyata mandala dan budaya akademik sekolah untuk kegiatan MPLS, sedangkan untuk kegiatan MPKP diisi dengan materi psikologi remaja dan hijrah belajar.
2. Hari Selasa acara diisi dengan materi kesehatan remaja dengan materi dokter dari Universitas Jember. Di dalamnya membahas tentang segala masalah kesehatan yang sering dialami oleh remaja seperti bahaya merokok, tips mencegah bau badan dan bau mulut. Setelah materi tentang kesehatan, dilanjutkan dengan materi tertib berlalu lintas. Bernarasumber bapak kepolisian satlantas Polres Jember, siswa banyak sekali mendapatkan ilmu dibidang lalin, antara lain tentang rambu-rambu lalin, safety riding, dan akibat-akibat yang ditimbulkan dari pelanggaran lalin. Di akhir kegiatan dilakukan pemaparan tata tertib sekolah yang dibawakan oleh guru BK, yaitu Ustadzah Riska.
3. Hari Kamis [Red: Rabu hari libur nasional] acara diawali dengan pembelajaran baris berbaris (PBB) yang dilatih secara langsung oleh Resiman Mahasiswa (Menwa) Universitas Muhammadiyah Jember dan Politeknik Negeri Jember. Dan, dilanjutkan dengan bertemu dengan wali kelas baru untuk melakukan perkenalan dan pembentukan administrasi kelas.
4. Hari Jumat adalah parade ekstrakurikuler. sebanyak 13 ekskul diperkenalkan di hadapan siswa. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan kegiatan di masing-masing ekskul, sekaligus sebagai gambaran tentang kegiatan di setiap ekskul. Agar lebih mudah memilih dan menyesuaikan dengan passion yang dimiliki oleh siswa.
Hari Jumat juga sekaligus digunakan untuk peringatan Tahun Baru Hijriah 1445. Seluruh siswa berkumpul di masjid Al Furqan untuk mendengarkan tausiah yang dibawakan oleh Kak Bimo. Pendakwah sekaligus pendongeng yang berasal dari Yogyakarta. Penyampaian yang unik dan menarik, membuat siswa antusias mendengarkan tausiah berbalut dongeng dengan suara khas Kak Bimo yang bisa menirukan segala macam suara.
5. Hari Sabtu merupakan puncak acara MPLS. Di mana dilakukan kegiatan outbond yang bertempat di Seger Nusantara. Aneka permainan menantang diperlombakan. Tidak hanya siswa, tetapi juga guru, karyawan, dan ayah/bunda wali murid kelas 7 pun ikut memeriahkan perlombaan. Hal ini bertujuan agar terjalin hubungan yang kuat dan solid, antara guru, siswa, dan wali murid.

Dengan berakhirnya kegiatan outbond ini juga sekaligus sebagai penanda usainya rangkaian acara MPLS dan MPKP ini. Semoga segala ilmu dan pengalaman yang didapat selama satu minggu ini bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bekal siswa untuk lebih mencintai almamater tercinta. Selamat menjalani studi di tahun ajaran ini. Tetap semangat. Bersama SMP Al Furqan, BISA!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *