Peringatan Maulid Nabi di SMP Al Furqan Jember

Sep 29, 2023 Umum

Redaktur: Tim Publikator SMP AF

SMP AF – Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momentum yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Diperingati pada tanggal 12 Rabiul Awal setiap tahunnya, ini merupakan tanggal kelahiran Rasulullah SAW di Kota Mekah.

Maulid Nabi menjadi momentum yang sangat berharga bagi seluruh umat Islam. Perayaan ini menjadi ajang untuk mengenang jasa-jasa serta ajaran-ajaran yang telah ditinggalkan oleh beliau. Melalui perayaan ini, seluruh umat Islam diingatkan untuk menjadikan teladan beliau sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan di dunia.

Tak ketinggalan, SMP Al Furqan sebagai lembaga pendidikan islami turut meramaikan peringatan Maulid Nabi dengan rangkaian acara yang menarik dan syarat pembelajaran.

Kegiatan pertama, adalah tausiyah islami bersama ‘Momentum Kelahiran Nabi Muhammad saw.’ bertempat di halaman SMP Al Furqan, tausiyah dibawakan dengan ringan oleh Ustad Syaifullah. Pemaparan kata-kata yang mudah dipahami disertai kuis interaktif berhadiah dari Ustadz Syaifullah semakin menyemarakkan suasana. Siswa bergantian berebut menjawab pertanyaan dari ustad pemateri.

Kegiatan kedua adalah berbagi kue dengan sesama. Dalam kegiatan ini siswa disuruh untuk membawa kue dengan tujuan berbagi dengan sesama teman, dan menyisihkan sebagian untuk jamaah salat Jumat di Masjid Al Furqan.

Kegiatan yang ketiga adalah lomba pidato bertema Maulid Nabi. Satu persatu perwakilan dari masing-masing kelas membawakan pidato dengan gaya mereka masing-masing. Saling memperebutkan perhatian juri untuk menjadi jawara. Selain melatih kemampuan berbicara di depan umum, pidato ini juga dapat dijadikan sarana pembelajaran siswa tentang momentum maulid nabi yang sesungguhnya.

Sedangkan di tempat yang berbeda, dilakukan lomba adzan dan iqomah bagi kelas putra. Tujuan dari perlombaan ini adalah untuk menggali potensi siswa yang fasih adzan, sehingga bisa bermanfaat jika sewaktu-waktu dibutuhkan, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Perlombaan terakhir adalah lomba tahfid. Masing-masing delegasi kelas membacakan ayat suci Al Quran dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwidnya.

Demikian serangkaian acara peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. Semoga menambah kecintaan kita kepada Nabi Besar, Nabi Muhammad saw.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *