Semarak Kegiatan Tengah Semester SMP Al Furqan Jember

Sep 29, 2023 Umum

Redaktur: Tim Publikator SMP AF

Senin-Rabu (25-27/9) pelaksanaan kegiatan tengah semester ganjil di SMP Al Furqan dilakukan. Rangkaian acara dan perlombaan dilaksanakan bagi seluruh siswa dan siswi SMP AF. Pelaksaan KTS ini adalah sebagai wadah ‘penyegaran’ dan penyaluran bakat yang dimiliki siswa setelah trimester awal pembelajaran tahun ajaran 2023/2024.

Pada hari pertama, dilaksanakan lomba smoothies untuk siswi kelas 7 dan kelas 9. Sementara kelas 8 siswi kunjungan industri ke toko oleh-oleh Primadona. Di Primadona, siswi diajak untuk berkeliling pabrik, kemudian mendapatkan ilmu tentang proses pembuatan kue olahan khas Jember, salah satunya adalah prol tape. Sedangkan siswa kelas 7 dan 9 melaksanakan perlombaan futsal, di halaman di SMP AF.

Pada hari kedua, siswi kelas 7 dan 9 melaksanakan perlombaan voli, kelas 8 putra kunjungan industri ke toko oleh-oleh Primadona, sedangkan kelas 7 dan 9 putra membuat kontruksi jembatan dari stik es krim. Di lokasi berbeda, yaitu di lantai 3 masjid SMP Al Furqan, 3 perwakilan dari masing-masing kelas bertanding dalam ajang cerdas cermat dengan aplikasi Quizizz.

Pada hari ketiga, seluruh siswa/siswi, menggelar lomba eco print. Eco print adalah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik. Prinsip pembuatannya adalah, melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang atau bagian tubuh lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu.

Setelah perlombaan eco print selesai digelar, segenap anggota OSIS menampilkan drama musikal bertema sekolah, pertunjukan musik patrol, dan beberapa tampilan lagu-lagu tradisional. Tepuk tangan bergemuruh selepas pertunjukan diakhiri, tanda apresiasi yang tinggi atas tampilan tersebut.

KTS berakhir dengan kegiatan bazar. Bazar yang dilakukan oleh seluruh kelas ini menjual aneka jajanan, makanan berat, makanan ringan, aneka bakaran, dan aneka minuman. Kegiatan bazar ini sekaligus sebagai media pembelajaran siswa, bagaimana cara menjadi wirausahawan, mengelola barang mentah menjadi makanan yang siap dijual, serta mengelola keuangan, dari modal awal sampai modal akhir beserta labanya. Dalam bazar siswa juga belajar menampilkan stand yang menarik, serta cara menarik pembeli dengan kemasan-kemasan makanan dan minuman yang unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *